Friday 3 March 2017

Mengenal Substratum : Aplikasi Tema Android Berbasis OMS


Hai semua,ketemu lagi sama admin blog ini semoga kalian gak bosen ya ketemu sama admin terus hihihi. Di post kali ini saya akan membahas tentang Substratum, mulai dari apa itu Substratum? terus bagaimana cara kerja aplikasi ini, hingga contoh tema yang dapat digunakan dalam aplikasi ini.

Pertama, apa sih yang dimaksud dengan Substratum?
Substratum merupakan mesin pengganti tema pada android yang dikembangkan oleh Nicholas Chum,Syko Pompos dan Substratum Theme Development. Aplikasi ini merupakan kelanjutan dari Layers Manager yang dikembangkan oleh Syko Pompos dan Bitsyko Development serta berbasis pada RRO sistem. Perbedaan Substratum dengan Layers Manager terdapat pada penggunaan OMS sementara pada Layers Manager menggunakan RRO. Terus apa sih yang dimaksud dengan OMS?, OMS atau Overlay Manager Service merupakan sebuah framework pada android yang ditemukan oleh Google kemudian dikembangkan oleh Sony sebagai sebuah driver dari mesin pengganti tema di android. Substratum sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk menginstal atau menerapkan tema. Kelebihan OMS jika dibandingkan dengan RRO yaitu untuk RRO setelah menerapkan tema kita perlu me-restart handfone kita agar tema bisa diterapkan sementara pada OMS kita tidak perlu me-restart handfone agar tema bisa diterapkan.

Kedua, bagaimana sih Substratum bisa bekerja?
Substratum bisa bekerja dengan cara menggunakan Theme Interfacer yaitu aplikasi yang memberi akses Substratum dengan sistem android selain itu untuk saat ini Substratum sudah tidak mebutuhkan akses root agar dapat bekerja dengan catatan rom yang anda gunakan telah memiliki full OMS support. Sementara OMS berfungsi sebagai drivernya. Substratum dapat bekerja pada android 6.0 ke atas dengan rom yang dibuild menggunakan commit OMS. Selain itu Substratum juga dipastikan bisa bekrja dengan rom yang menggunakan RRO,Nexus series,AndroidOne series, dan pada Google Pixel meskipun dalam penggunaannya tidak bisa semaksimal pada rom yang berbasis OMS. Jika anda ingin mencoba aplikasi ini di handfone anda, anda bisa mendownload aplikasinya di sini.

Ketiga, tema apa saja yang dapat anda gunakan pada Substratum?
Berikut ini merupakan beberapa contoh tema yang dapat anda gunakan di Substratum, beberapa tema dari tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis sehingga saya hanya akan menyediakan link Google Play tanpa mirror.
1. Coalfield
Tema ini merupakan tema lanjutan dari Coalfield yang telah tersedia untuk CyanogenMod Theme Engine. Tema ini dikembangkan oleh Andre Zimmerman dan bisa anda unduh di sini.

2. Reverie
Tema ini tersedia dalam dua versi yaitu untuk Substratum dan untuk CyanogenMod Theme Engine. Tema ini juga dikembangkan oleh Andre Zimmerman, tema ini bisa anda download di sini.

3. Rubiq
Tema ini dikembangkan oleh Rahul K Dinesh dan bisa anda download di sini.

4. Flux
Tema ini juga merupakan kelanjutan dari Flux yang telah tersedia untuk CyanogenMod Theme Engine. Tema ini bisa anda download di sini.

5. Alined
Tema keren ini dapat anda dapatkan di sini.

Keempat, bagaimana cara menerapkan tema di substratum?
Cara menerapkan tema pada aplikasi substratum dapat anda lihat pada video berikut ini



Kelima, apakah ada forum dari Substratum?
Berikut ini merupakan link forum G+,Source code,Dll dari Substratum
Substratum Development G+ Community
Substratum XDA thread
Gerrit Code Server
Substratum Theme Showcase application

Itulah sedikit penjelasan dari Substratum dan beberapa tema yang dapat digunakan pada Substratum. Jika terdapat typo/salah kata/penjelasan yang sulit dimengerti mohon dimaafkan.

Terima kasih telah berkunjung :)

Load disqus comments

17 komentar